Senin, 01 Agustus 2011

MATERI LAN 1


KOMUNIKASI
Beberapa komunikasi dapat dibedakan berdasarkan informasi diantaranya :
1.     Komunikasi Audio, yaitu jenis komunikasi dengan infomasi yang ditumpangkannya berupa suara, contoh komunikasi pada radio broadcast.
2.     Komunikasi Video, yaitu jenis komunikasi dengan informasi yang ditumpangkannya berupa gambar, contoh penayangan iklan pada big screen yang terdapat di tempat umum.
3.     Komunikasi Audio Video, jenis komunikasi dengan informasi yang dikirim terimakan merupakan percampuran antara informasi suara dan gambar, contoh pengiriman informasi melalui televisi.
4.     Komunikasi Data, yaitu jenis komunikasi dengan informasi yang  dikirim terima kan berupa data digital, contohnya aplikasi internetworking pada Jaringan Komputer.

Kelebihan yang ditawarkan oleh jaringan komputer sebagai solusi komunikasi, diantaranya :
-     Efisiensi waktu dalam proses komunikasinya.
-     Dapat memuat banyak komunikasi pada satu proses.
-     Interkoneksi antar jaringan kecil yang semua bermuara pada internetworking, memudahkan untuk membentuk komunikasi antar jaringan kecil tersebut, tanpa harus membangun jaringan sendiri. Dll.

Model Komunikasi ini terdiri atas lima komponen
1.     Sumber (source): Alat/komponen yang membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, dapat berupa alat input pada komputer.
Alat ini dapat mengubah informasi audio, video atau teks menjadi satuan data untuk di proses pada sistem komputer.
2.     Pengirim (transmitter): Alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) agar dapat di salurkan oleh sistem/media transmisi.
Bentuk fisik nya dapat berupa komputer personal yang dapat mengolah segala bentuk informasi, atau secara khusus dapat berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi berupa suara (voice).
3.     Sistem Transmisi: Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jalur kompleks (complex network) yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik dapat berupa media wireline atau media wireless.
Jalur transmisi tunggal, maksudnya adalah antara perangkat pengirim dan penerima satu jenis media dalam satu segmen jaringan.
Sedangkan maksud dari jalur kompleks adalah perangkat pengirim dan penerima dihubungkan oleh satu sistem komunikasi yang terdiri dari banyak fungsi komuikasi didalamnya (tidak hanya satu jenis / segmen komunikasi.
4.     Penerima (receiver): Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memproses menjadi informasi yang dapat ditangkap/ diproses oleh tujuan. Fisiknya dapat berupa komputer personal untuk fungsi informasi secara umum.
5.     Tujuan (destination): Menangkap informasi yang dihasilkan oleh penerima, informasi yang diterima oleh perangkat tujuan selanjutnya diubah menjadi jenis informasi yang sama dengan informasi yang dikirimkan, Software aplikasi digunakan untuk menjembatani informasi ini menuju pengguna jaringan komputer.

Metode komunikasi :
1.      Simplex, yaitu komunikasi yang dilakukan hanya satu arah, contoh pengiriman informasi yang dilakukan satu arah saja, seperti pengiriman informasi yang terjadi dengan melalui perangkat komunikasi radio broadcast, televisi, dan sebagainya   (Pengirim               Penerima)
2.      Half Duplex, yaitu komunikasi yang dilakukan dua arah, akan tetapi proses pengiriman informasi nya dilakukan secara bergantian, misalnya pengiriman informasi suara dengan menggunakan radio antar penduduk, handy talky    (Pengirim                     Penerima)
3.      Full Duplex, yaitu komunikasi yang pengiriman datanya dilakukan dua arah dan dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan, misalnya telekomunikasi dengan menggunakan telepon                  (Pengirim                     Penerima)

2 komentar:

junodt mary resdiana pamungkas mengatakan...

banyak sekali pak....hehehehe

Muhammad Padil mengatakan...

paroho dei heg baca ahh hehe

Posting Komentar

THANKS GROSSER

 
Powered by Blogger